Nurrahmah Widyawati Mom Food Travel Lifestyle Blogger

Tips Memilih Buku untuk Bayi (0-1 tahun)

Konten [Tampil]
tips memilih buku bayi

Tips Memilih Buku untuk Bayi (0-1 tahun)Saya mulai membacakan buku untuk anak saya di usianya yang menginjak 6 bulan. Ternyata terlambat! Bayi sudah bisa dibacakan buku sejak lahir alias 0 bulan, bahkan sejak janin dalam kandungan.
So, akan saya share bagaimana sih memilih buku untuk bayi 0 sampai 1 tahun (ala Ibu RaiNasha). Ini saya dapatkan dari beberapa literatur dan berdasarkan pengalaman pribadi. Di usianya yang sekarang (2,5 tahun), Nasha suka sekali dengan buku. Apa saja ya tips memilih buku untuk bayi?

To be honest, Nasha tidak memiliki buku sebanyak teman-temannya. Ya, dia memiliki banyak teman-teman dengan ibu yang sangat cinta dengan dunia literasi. Mereka bisa spending berjuta-juta bahkan belasan juta rupiah untuk melengkapi perpustakaan mini di rumahnya masing-masing.

Awalnya saya tertarik untuk membacakan Nasha buku setelah mendapat semacam seminar tentang literasi anak, terutama bayi. Kemudian saya tergabung menjadi reseller resmi sebuah brand buku bayi dan dari komisi penjualannya saya belikan buku untuk Nasha.


Manfaat Membacakan Buku pada Anak/Bayi

Pernah nggak sih dapat komentar, "Untuk apa membacakan buku pada bayi? kan belum paham". Jangan under-estimate dulu, Moms.

Banyak banget lho manfaat membacakan buku (story telling) untuk bayi, yaitu meliputi : memperkuat bonding anak dengan orang tua, merangsang perkembangan otaknya, dan juga ini merupakan langkah awal untuk membangun kecintaannya akan dunia literasi di masa mendatang.

Membacakan buku untuk balita-pun manfaatnya sangat besar untuk memperkaya kosa katanya, memberikan banyak informasi kepadanya, serta berdampak pada koneksi synapses di otaknya. Hal ini akan berhubungan dengan tumbuh kembangannya ke depan.


tips memilih buku bayi

Tips Membacakan Buku untuk Anak

Jangan dikira membacakan buku untuk anak adalah ritual membaca kata per kata yang ada di buku dan sudah. No. Ada beberapa tips untuk membacakan buku pada anak (terutama bayi), yaitu meliputi:
  • Rutin membacakan buku untuknya setiap hari, cari waktu yang tepat, misalnya saat bed time atau sebelum tidur. Pastikan dia sedang tidak haus, lapar, atau mengantuk. Hilangkan distraksi seperti ponsel, TV, dll.
  • Jika pada saat membacakan buku untuknya namun dia justru merebutnya, biarkan. Jangan paksakan membacanya sampai selesai. Dengan bayi mengambil buku tersebut dari kita, berarti dia mulai tertarik untuk eksplorasi buku tersebut. Itu merupakan salah satu hal yang perlu diapresiasi juga.
  • Tunjuk gambar yang ada di buku tersebut, kemudian katakan dengan jelas (bukan bahasa bayi) apa nama gambar tersebut. Oneday, kalian akan dibuat terkejut bahwa ternyata bayi merekam semuanya. Suatu saat dia akan bisa menyebutkan gambar tersebut satu per satu.
  • Bacakan dengan suara yang nyaring (read aloud), full ekspresi dan gesture tubuh yang mendukung. Buat semenarik mungkin sehingga bayi memiliki atensi penuh terhadap kita dan bukunya. Membacakan dengan nada suara yang berbeda-beda juga dapat membuatnya lebih tertarik dan penasaran dengan suara yang mereka dengar.
  • Ajak dia untuk ikut memegang buku tersebut dan meng-eksplorasinya.
beli buku untuk bayi

Tips Memilih Buku untuk Bayi (0-1 tahun)

A. Material boardbook (karton tebal) dan rounded alias pinggiran buku tidak tajam.

Karena pada masa-masa ini, anak masih cenderung berada di fase oral untuk menjilat, menggigit, merobek, dan eksplorasi buku. Dengan memilih buku bermaterial boardbook diharapkan tidak mudah untuk disobek olehnya, dan pinggiran rounded ditujukan agar aman untuk dieksplorasi.

Selain material boardbook, bunda juga bisa memilih material yang terbuat dari bahan plastik (bathbook) serta buku kain (softbook), buku tipe tersebut sangat aman dieksplorasi oleh anak.


buku suara apakah itu


B. Buku high contrast (warna hitam & putih).

Bayi yang baru lahir terbatas dalam penglihatannya, namun mereka sudah dapat membedakan terang dan gelap, sehingga mereka sangat suka dengan pola warna hitam dan putih. Yuk stimulasi mereka dengan buku tipe high contrast.

buku hight contrast

C. Buku dengan ilustrasi yang sederhana dan jelas.

Serta berwarna cerah, dengan kalimat yang pendek (dominan pada gambar saja). Gambar bisa berupa gambar real maupun tidak real. Ukuran buku cenderung tidak terlalu besar.

buku untuk bayi 0-6 bulan

D. Buku dengan banyak fitur

Seperti sensasi sentuh (touch & feel), sensasi tarik-dorong, geser, berputar, buka-tutup, buku topeng, dll. Berikut adalah contoh buku-buku berfitur, keterangan terdapat pada caption masing-masing foto.

rekomendasi buku topeng
doc. pribadi (buku dapat digunakan sebagai topeng)




buku rabbit hole
doc. pribadi (buku fitur touch & feel)

buu anak fitur flip flap
doc. pribadi (buku fitur buka-tutup)

rekomendasi buku champbell pets
doc. pribadi (buku fitur geser-tarik)

buku rabbit hole
doc. pribadi (fitur geser, tarik, putar)

E. Buku bersuara (soundbook)

Buku ini sangat menarik karena dilengkapi dengan suara-suara yang muncul saat menekan tombolnya, sehingga dapat menciptakan sesasi real karena terdapat suara pendukung dari isi buku tersebut.

buku anak things to go

Demikian beberapa tips memilih buku untuk bayi (0-1 tahun) ala Ibu Nasha. Membacakan buku untuk bayi sangat banyak manfaatnya dan ini sudah saya rasakan. Nasha menjadi suka dengan buku, lebih banyak menguasai kosa kata, dan lebih cepat untuk berkomunikasi.

Selebihnya, tiap anak itu unik. Yang penting bukan hasil yang sempurna, tapi sama-sama mencintai prosesnya. Semoga ini dapat bermanfaat untuk anak-anak kita ke depannya. Bukan tentang harga buku atau seberapa banyaknya buku yang anak kita punya.

Yang mereka butuhkan adalah orang tua yang meluangkan banyak waktunya dengan berkualitas untuk membersamai anak-anaknya saat membacakan buku, sehingga tercipta bonding yang sangat kuat.

Penutup

Thank you for reading this. Semoga tips memilih buku untuk bayi (0-1 tahun) ini bermanfaat. Mohon maaf untuk segala kekurangan. See you!

ibu di balik gawai
Nurrahmah Widyawati
Seorang lifestyle blogger yang menulis tentang dunia perempuan, Ibu, parenting, pengasuhan anak, keluarga, review, hobi, food-travel dan kehidupan sehari-hari | Digital Illustrator :)

Related Posts

Posting Komentar